Tips Sederhana Mengatur Keuntungan Warung Sembako

Tips Sederhana Mengatur Keuntungan Warung Sembako - Memiliki bisnis maupun usaha merupakan impian semua orang, tidak peduli sekecil apapun itu seperti warung nasi, warteg, toko sembako ataupun toko online. Maka tak heran kita sering menemukan karyawan yang memulai bisnis kecil-kecilan sebagai sarana untuk menambah pundi rupiah.

Dengan berbagai cara dilakukan untuk dapat memula suatu bisnis impian. Mungkin ada yang dengan menjual perhiasan atau bahkan warisan, menyisihkan dan menabung uang gaji yang didapat setiap bulannya dan mash banyak lagi sumber modal usaha di luar sana, misalnya mengajukan proposal kepada pihak investor dan pinjaman dana pada Bank.


Berikut kesimpulan berdasarkan pengalaman pribadi saya untuk memberikan beberapa tips yang dapat kalian praktekan bersama-sama, semoga dapat membantu pembaca sekalian yang mungkin saat ini sedang dilanda kegalauan, kebingungan dalam mengatur keuangan warung sembako ataupun jenis usaha lain.

Usaha Pribadi dan Uang harus Dipisah


Mungkin Anda sering menganggap remeh hal ini. Ah.. buat apa sih keuangan harus dipisah? Kan saya lebih tahu mana uang pribadi saya dan uang warung sembako, lagi pula warung sembako yang saya kelola ini kan masih kecil.

Nah, pemikiran tersebut yang saya ikitui di masa-masa awal usaha saya berdiri dan baru belakangan ini saya menyadari bahwa anggapan ini keliru dan sangat mengganggu arus kas warung sembako yang saya kelola.

Janganlah Anda menganggap remeh hal kecil apapun karena masalah itu jika terlalu lama dibiarkan maka akan membesar dan akhirnya Anda pun sangat kesulitan menanganinya.

Cata Semua Pemasukan dan Pengeluaran


Sudah sewajibnya pencatatan Anda lakukan semenjak warung sembako beroperasi pertama kalinya namun tidak ada salahnya Anda baru memulai dari sekarang, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Hal ini bertujuan untuk mengontrol dan mengetahui semua transaksi baik itu pemasukkan dan pengeluaran serta hutang piutang yang ada. Pencatatan yang rapi akan memudahkan Anda untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam mengembangkan usaha.

Idealnya pencatatan dilkakukan setiap hari untuk kemudian dievaluasi setiap minggunya guna mengetahui berapa banyak keuntungan yang diperoleh perharinya sehingga dapat diketahui pula keuntungan warung selama satu bulan. Selain itu juga Anda dapat mengetahui berapa modal yang dikeluarkan untuk belanja seisi warung.

Hindari Berhutang dengan Alasan untuk Mengembangkan Usaha


Usahakan untuk tidak mengembangjan usaha dengan jalan berhutang, entah itu berhutang kepada instansi perbankan atau yang palng mengerikan kepada rentenir, karena apabila kondisi keuangan warung sembako Anda dalam keadaan yang kurang baik maka hal ini hanya akan semakin membebani dan bahkan semakin memperburuk usaha bisnis kalian kedepannya.

Kesimpulannya


Ok, jadi kesimpulannya yang dapat saya peroleh dengan Tips Sederhana Mengatur Keuntungan Warung Sembako ini adalah, kegiatan ataupun transaksi yang ada haruslah dilakukan pencatatan, sekecil dan sepele apapun itu, karena kunci keberhasilan Anda dalam mengelola uang atau modal warung sembako adalah dengan tidak mudah menggunakan uang warung begitu saja walaupun sedang butuh.